Industri Lokal - Blog Berbagi Berita Industri Di Indonesia

10 Jenis Industri Jasa

Jenis-Jenis Industri Jasa, Industri Jasa

Industri Jasa Mempunyai Potensi Besar Terhadap Peningkatan Ekonomi Negara Indonesia

    Industri jasa adalah sektor ekonomi yang menyediakan jasa kepada konsumen atau pelanggan. Jenis Industri Jasa dapat berupa berbagai hal, seperti jasa layanan keuangan, jasa konsultasi, jasa perawatan jasa kesehatan, jasa transportasi, jasa hiburan, jasa perdagangan, jasa pendidikan dll. Industri jasa berbeda dari industri manufaktur yang menghasilkan barang fisik. Dalam industri jasa, produk yang dihasilkan adalah layanan atau jasa yang tidak dapat diukur dengan cara yang sama dengan barang fisik. Industri jasa lokal adalah sektor ekonomi yang menyediakan jasa kepada konsumen di wilayah tertentu, biasanya di dalam negeri. Industri jasa lokal dapat berupa jasa perbankan, jasa asuransi, jasa transportasi, jasa konsultasi, jasa perawatan kesehatan, dll. Industri jasa lokal juga dapat mencakup jasa yang ditawarkan oleh perusahaan kecil atau perusahaan besar yang beroperasi di wilayah tertentu. Ada berbagai jenis industri jasa yang dapat ditemukan di sebuah wilayah, diantaranya:

1. Jasa keuangan

    Jasa keuangan adalah industri jasa yang menyediakan layanan keuangan, seperti industri perbankan, asuransi, pasar modal, pembiayaan, dana pensiun dan industri jasa lainnya.

2. Jasa transportasi

    Jasa transportasi adalah industri jasa yang menyediakan layanan transportasi, seperti layanan taksi, layanan bus, layanan ojek, layanan penerbangan, layanan kereta api, layanan kapal laut dan industri transportasi lainnya.

3. Jasa perdagangan 

    Jasa perdagangan adalah industri jasa yang menyediakan layanan perdagangan, seperti e-commerce, toko online, toko offline, logistik, dan industri perdagangan lainnya.

4. Jasa perawatan kesehatan

    Jasa perawatan kesehatan adalah industri jasa yang menyediakan layanan perawatan kesehatan, seperti klinik, rumah sakit, puskesmas dan industri jasa perawatan kesehatan lainnya.

5. Jasa konsultasi

    Jasa konsultasi adalah industri jasa yang menyediakan layanan konsultasi, seperti konsultan manajemen bisnis, konsultan IT, konsultan akustik, konsultan audio visual, konsultan bangunan, konsultan kesehatan, konsultan kesehatan, konsultan keuangan, konsultan lingkungan dan jasa konsultasi lainnya.

6. Jasa hiburan

    Jasa hiburan adalah industri jasa yang menyediakan layanan hiburan, seperti bioskop, taman hiburan, pergelaran kesenian, kontes kecantikan, kontes binaraga, musik, tari, pameran, sulap dan jasa hiburan lainnya.

7. Jasa keamanan

    Jasa keamanan adalah industri jasa yang menyediakan layanan keamanan, seperti perusahaan keamanan dan jasa keamanan lainnya.

8. Jasa telekomunikasi

    Jasa telekomunikasi adalah industri jasa yang menyediakan layanan telekomunikasi seperti, teleks, faksimile, surat elektronik, operator telepon seluler, electronic data interchange (EDI), jasa internet, jasa telepon suara dan jasa telekomunikasi lainnya.

9. Jasa profesional

    Jasa profesional adalah industri jasa yang menyediakan layanan profesional seperti konsultan, advokat, akuntan dan jasa profesional lainnya

10. Jasa pendidikan 

    Jasa pendidikan adalah industri jasa yang menyediakan layanan pendidikan seperti sekolah, universitas dan jasa pendidikan lainnya.

    Itu adalah beberapa jenis industri jasa yang ada, masih banyak lagi jenis industri jasa yang lain.